Jumat, 31 Agustus 2012

Suka Duka Admin Fanbase KPop di Indonesia

Jakarta - Setelah kemarin detikHOT membahas founder dari Soshified dan 4Yesung, kini giliran admin fanbase KPop di Indonesia. Bagaimana suka duka jadi admin fanbase dengan lokasi tinggal sangat jauh dari Korea?

Di Indonesia, fanbase menjadi bias karena banyak sekali akun Twitter yang hanya nge-tweet soal artis idola kemudian menyebut dirinya fanbase. Namun di antara mereka, banyak pula yang memiliki anggota ribuan dan rutin menggelar acara.

Contoh saja SoneID. Fanbase SNSD yang terbentuk dari 4 forum itu --SNSD Indonesia, kasku[s]one, indososhi, dan SoneIDWS-- anggotanya mencapai 27 ribu orang. Wow! Apa serunya mengelola sebuah fanbase?

"Serunya bisa ketemu orang baru yang satu otak, tapi kalau ketemu yang bahas nggak selalu SNSD. Kadang yang diomongin idol yang lain atau bahkan variety show Korea," ujar public relation SoneID Surya Adi Kurniawan pada detikHOT beberapa waktu lalu.

Meski Indonesia tahun ini beruntung karena dikunjungi para idola KPop, setahun yang lalu mengejar mereka harus ke luar negeri atau bahkan langsung ke Korea. Seperti staf MBLAQINDONESIA yang beruntung pernah membawa nama Indonesia langsung di hadapan MBLAQ di Open Concert MTV Korea.

"Beberapa Staff MBI pernah nonton MBLAQ langsung di Korea. Mereka bawa mini banner bertuliskan MBLAQINDONESIA. Mir melihat banner itu terus berbisik ke Thunder sambil menunjuk ke arah banner. Thunder pun melirik ke arah banner tersebut dan memberitahu Mir kalau banner itu tulisannya 'MBLAQINDONESIA'. Setelah itu Mir langsung membalas sapaan dari staf MBI," ujar salah seorang admin MBI Siszy pada detikHOT.

Yang lebih beruntung lagi adalah admin fanbase dari boyband baru asal Cube Entertainment Born to Beat atau BTOB. Saat BTOB mengunjungi Jakarta untuk showcase terbatas pada 21 Juni lalu, salah satu admin BTOBIndonesia sempat berfoto bersama para personel BTOB.

"Kemarin Staff BTOBIndonesia diberi kesempatan untuk datang dan meliput langsung ke showcase BTOB. Di sana kita live tweet, terus salah satu staf BTOBIndonesia sempat foto bareng BTOB dan media-media lain yang datang ke showcase. Ini bisa dibilang pengalaman yang berharga ya buat BTOBIndonesia. Kita senang karena dipercaya untuk meliput dan bisa berbagi lewat Twitter," papar admin BTOBIndonesia Annisa Husnu Syifa pada detikHOT.

Admin fanbase juga biasanya diundang ke konferensi pers saat artisnya datang ke Indonesia. Mereka pun bisa merasakan momen eksklusif yang tak bisa dirasakan fans pada umumnya. Lalu apa dukanya?

"Kalau secara keseluruhan sih nggak ada. Karena kalau hari-hari biasa nggak ada event kan paling update Twitter aja. Kalau ada event baru deh sibuk. Cuma selama ini nggak ada yang berat-berat amat sih. Paling masalah umum kayak finansial, itu yang rada berat kalau ada acara tapi dana kurang. Ujung-ujungnya ditalangin bareng-bareng," ujar staf SoneID Bima Adinugraha.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar